Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu
perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems.
Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar
tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file
extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi
Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama
ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan
pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor
bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan
menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3
Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh
produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan
program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan
untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan
pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan
kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan
sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek
animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu
aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie,
game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu
interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan
aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik
membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan
dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan
yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code
pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada
didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain
seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat
dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain
kecil dalam ukuran file outputnya
Movie-movie Flash memiliki ukuran file yang kecil dan dapat ditampilkan
dengan ukuran layar yang dapat disesuaikan dengan keingginan. Aplikasi
Flash merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web
dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang
lebih baik. Banyak fiture-fiture baru dalam Flash yang dapat
meningkatkan kreativitas dalam pembuatan isi media yang kaya dengan
memanfaatkan kemampuan aplikasi tersebut secara maksimal. Fiture-fiture
baru ini membantu kita lebih memusatkan perhatian pada desain yang
dibuat secara cepat, bukannya memusatkan pada cara kerja dan penggunaan
aplikasi tersebut. Flash juga dapat digunakan untuk mengembangkan secara
cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan script tingkat
lanjut. Di dalam aplikasinya juga tersedia sebuah alat untuk men-debug
script. Dengan menggunakan Code hint untuk mempermudah dan mempercepat
pembuatan dan pengembangan isi ActionScript secara otomatis. Untuk
memahami keamanan Adobe Flash dapat dilihat dari beberapa sudut pandang,
berdasarkan beberapa sumber referensi bahwa tidak ada perbedaan
menyolok antara HTML dan JavaScript dimana didalamnya terdapat banyak
tools yang dapat diambil dari SWF termasuk ActionScript. Sehingga kode
data dapat terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, semua kebutuhan data
yang terdapat dalam SWF dapat diambil kembali melalui server. Keuntungan
menggunakan metode yang sama dengan menggunakan aplikasi web yang
standar adalah akan menjamin dan mengamankanpenyimpanan dan perpindahan
data.
Membuat animasi dengan Flash Professional
Ada beberapa cara untuk membuat animasi di Flash:
Buat remaja gerak dan mereda: Untuk membuat gerak-tweened animasi,
Anda membuat sebuah instance tweened pada rentang frame, dan kemudian
membuat satu atau lebih perubahan di suatu tempat pada rentang frame.
Flash kemudian menciptakan animasi yang akan terjadi transisi antara
perubahan tersebut. Flash bervariasi ukuran objek, rotasi, warna,
filter, atau atribut lainnya antara frame berubah Anda dibuat untuk
membuat tampilan gerakan atau gerakan, seperti contoh bergerak di
Panggung atau memudar masuk dan keluar-atau keduanya pada saat yang sama
. Anda juga dapat menggunakan mereda (preset mereda atau Anda sendiri)
untuk mengontrol gerakan atau penampilan kasus Anda. Untuk mempelajari
lebih jauh tentang membuat remaja gerak dan menggunakan memudahkan,
lihat Panduan Belajar Animasi Flash: remaja Gerak dan " Menambahkan
preset dan adat memudahkan untuk remaja gerak "di Panduan Belajar
Animasi Flash: Preset dan kustom mereda.
Buat frame-by-frame animasi: Dalam frame-by-frame animasi, daripada
membiarkan flash secara otomatis mengisi gerakan antara dua perubahan,
Anda membuat gambar dalam setiap frame. Ini jauh seperti animasi "flip
buku" di mana Anda menggambar setiap perubahan yang halus secara manual,
dan ketika gambar diawasi berturut-turut, perubahan halus menciptakan
ilusi gerakan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat " Membuat
frame-by-frame animasi "di Panduan Belajar Animasi Flash: Frame-by-frame
animasi.
Terapkan preset gerak: preset Gerak meliputi berbagai pra-dibuat
animasi yang dapat Anda terapkan untuk kasus pada Stage, yang dapat Anda
gunakan seperti apa adanya, untuk tujuan belajar, atau sebagai titik
awal untuk modifikasi lebih lanjut. Preset gerakan memudahkan untuk
menghidupkan pilihan: Anda dapat membuat pilihan, kemudian pilih Preset
Motion dan klik Apply. Dengan preset gerakan, Anda dapat membuat benda
bergerak dalam dokumen Anda dengan hampir tidak ada pengetahuan tentang
animasi. Untuk informasi tentang gerakan preset, lihat Panduan Belajar
Animasi Flash: preset Gerak .
Gunakan contoh remaja: Sebuah fitur yang sangat berguna di mana Anda
dapat memberikan motion tween nama instance dan menerapkan gerak yang
ke instansi lain dalam dokumen Anda. Untuk informasi lebih lanjut
tentang menggunakan contoh tween, lihat " Menggunakan contoh Tween "di
Panduan Belajar Animasi Flash: Menggunakan ActionScript 3.
Salin kode ActionScript 3 dan menerapkannya pada contoh dalam
dokumen Anda: Jika Anda tidak ingin menulis kode sama sekali, Anda dapat
membuat animasi pada Timeline dan kemudian "copy" ActionScript setara 3
kode untuk animasi itu dan menerapkannya ke misalnya. Lihat Panduan
Belajar Animasi Flash: Menggunakan ActionScript 3 .
Buat remaja bentuk: Bentuk remaja digunakan untuk membuat gerakan
morphing, seperti jalur sehingga lekukan, atau lingkaran yang berubah
menjadi kotak. Untuk informasi tentang cara membuat bentuk animasi
tween, lihat " remaja bentuk Menciptakan "di Panduan Belajar Animasi
Flash: remaja Shape.
Gunakan Kinematika terbalik: Anda dapat membuat sesuatu bergerak di
Flash CS5 menggunakan invers kinematika (IK) fitur. Sebisa kita berpikir
IK adalah jenis dingin, Panduan Belajar Animasi Flash tidak mencakup
fitur ini; membacanya di Efek Grafis Belajar Panduan gantinya. Anda juga
dapat menonton screencast tutorial IK oleh Todd Perkins pada Adobe TV,
membaca " Animating dengan alat tulang "dalam Membuat animasi dalam
ActionScript 3, dan belajar dari Karakter animasi dengan alat tulang
oleh Georgenes Chris.
Menulis kode ActionScript: Anda dapat membuat animasi dengan menulis
kode ActionScript-kadang disebut "animasi ditulis." Ada berbagai cara
Anda bisa secara manual animasi script: menulis ActionScript untuk
menangani semua aspek animasi atau menggunakan kelas GRP dan kode
sederhana untuk membuat animasi. Ini Animasi Belajar Panduan untuk Flash
tidak mencakup animasi scripted. Anda dapat mempelajari tentang animasi
ditulis dalam artikel, Membuat animasi dalam ActionScript 3 .
Cara membuat animasi menggunakan Macromedia Flash
Oke, kali ini saya akan berbagi ilmu yg saya dapatkan yaitu Cara membuat
animasi menggunakan Macromedia Flash, kali ini saya akan membuat
animasi Pac-man, langsung saja.
1. Pertama buka Macromedia Flash.
2. Untuk membuat badan, gunakan Oval Tool, buat lingkaran besar(jangan besar banget).
3. Beri warna pada lingkaran tersebut menggunakan Paint Bucket Tool.
4. Untuk membuat mata, klik Oval Tool lagi, buat lingkaran kecil seperti gambar dibawah ini.
5. Untuk membuat mulut, gunakan Oval Tool lalu gunakan warna putih agar menjadi seperti pada gambar.
6. Untuk membuat kaki, buat lingkaran, klik Arrow Tool, select setengah lingkaran, tekan delete.
7. Untuk sepatunya, buat kotak di bawah kaki.
8. Select kaki dan sepatunya, tekan Ctrl+G untuk di grup.
9. Select seluruh bagian pacmannya, tekan F8, beri nama Robot.
10. Klik kanan pada pacman, klik Edit in Place.
11. Buat layer baru, caranya klik Insert, Layer.
12. Layer 1 ganti nama menjadi KAKI, Layer 2 menjadi KEPALA.
13. Dilayer kaki, Cut kepala pacmannya, Paste in Place di layer KEPALA.
14. Di Time Line, klik kanan di frame 2, Insert Keyframe di kedua Layer
15. Klik Frame 2 Layer KAKI, klik kaki pacmannya, Copy lalu Paste, jadi kakinya ada 2, deketin biar bertemuan.
16. Insert Keyframe lagi di Frame 3 dan 4 di kedua Layer.
17. Di Frame 3 Layer KAKI, klik Free Transform Tool, arahkan cursor ke
dekat titik sudut Kaki sampai ada gambar lingkaran, putar kakinya.
18. Di Frame 4 Layer KAKI, klik Arrow Tool, geser kaki yg kiri ke kiri, geser kaki yg kanan ke kanan.
19. Klik di Frame 3 Layer KAKI, buat bayangan kaki menggunakan Oval
Tool, Frame selanjutnya juga dibuat bayangan kakinya, sesuaikan bayangan
dengan langkah kakinya.
20. Select seluruh bagian pacman, tekan F8, beri nama Master Robot.
Note: Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
21. Klik 2x di kertas putih untuk menyatukan frame-frame yg tadi dibuat.
22. Geser pacman ke bagian paling kiri kertas.
23. Klik kanan di Frame 1, klik Create Motion Tween.
24. Di Frame 20, klik kanan, Insert Keyframe.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar